Panduan Kesembilanbelas – Instagram Olshop Bagusnya Di-Private atau Jangan?

PERTANYAAN ini paling sering ditanyakan oleh pelaku Instagram olshop pemula: akun IG baiknya diprivat atau jangan? Panduan kesembilanbelas ini menjawabnya.

 

Anda memiliki 2 (dua) pilihan tatkala sudah memiliki akun olshop Instagram: membiarkan foto-foto produk/jasa olshop Anda tetap publik (bisa diakses dan dilihat siapa saja, entah dari website maupun dari mobile app), atau… Anda men-set akun Instagram Anda menjadi privat, sehingga hanya followers tertentu yang sudah Anda terima saja yang bisa mengakses akun Instagram Anda.

 

Akun Instagram publik membuat siapapun orang bisa dengan mudah menemukan akun Instagram Anda dan mengetahui apa saja sih isi dari akun olshop IG Anda; sedangkan akun yang di-privat memberikan Anda kendali dan kontrol terhadap siapa saja yang bisa mengakses konten-konten produk olshop IG Anda, dan memproteksi konten-konten produk olshop Anda.

 

Kita akan mendalami satu per satu masing-masing kelebihan dan kekurangannya.

 

 

KELEBIHAN AKUN IG PRIVAT (1): KONTROL AKSES

 

Ketika akun IG Anda set menjadi privat, followers baru harus menerima approve/izin dari Anda sebelum mereka memperoleh akses ke feeds/timeline Instagram Anda. Apabila memang ada sederet foto/post IG yang tidak Anda kehendaki untuk diakses sembarang orang, dan misal hanya boleh diakses oleh orang-orang tertentu saja, maka akun IG yang diprivat memang cocok untuk Anda sebagai bentuk kontrol konten.

 

Akun IG yang diprivat juga memiliki keunggulan, yakni Anda akan terbebas dari likes dan comments yang tidak diinginkan, seperti komentar dari akun-akun olshop yang isinya promo juga (sedangkan Anda misalnya menginginkan bahwa yang boleh me-llike dan comment hanyalah akun IG personal).

 

Jadi dengan mode privat, Anda akan terjauh dari like dan comment yang tidak diinginkan atau tidak diundang (meski Instagram sendiri memiliki fitur untuk memblok akun-akun Instagram tertentu).

 

 

KELEBIHAN AKUN IG PRIVAT (2): BEBAS DARI AKSES WEB

 

Instagram telah ber-ekspansi dari aplikasi mobile ke platform website, yang berarti, siapapun bisa menemukan feed Instagram Anda dan melihat foto-foto upload terbaru di Instagram Anda.

 

Men-setting akun IG Anda ke mode privat akan menghentikan semua itu, sehingga post-post Instagram Anda tidak akan ter-share ke berbagai sosial media, di-save orang lain tanpa izin, atau diakses oleh mereka yang sama sekali tidak memiliki akun Instagram.

 

Intinya, kontrol penuh terhadap privasi foto/post IG benar-benar berada di tangan Anda, karena akun IG Anda menjadi terproteksi dari orang-orang yang statusnya bukan followers Anda.

 

 

KELEMAHAN AKUN IG PRIVAT (1): AKUN IG ANDA JADI TERSEMBUNYI DARI FOLLOWERS POTENSIAL

 

Jika ada orang yang bukan followers Anda mengecek akun Instagram Anda dan akun Anda dalam keadaan privat, orang tersebut tidak akan bisa melihat konten-konten Instagram Anda.

 

Mereka tidak akan bisa melihat post-post Instagram yang Anda share, dan hal ini akan membuat mereka kesulitan untuk memutuskan apakah akun Instagram Anda layak untuk di-follow atau tidak. Bahkan lebih buruknya lagi, akun Instagram Anda akan sulit ditemukan oleh pengguna Instagram yang lain, karena foto-foto post Instagram Anda tidak akan muncul di tab explore atau di pencarian hashtags.

 

Bayangkan! Di pencarian hashtags saja post-post Instagram Anda tidak akan muncul! Tentu ini akan merugikan Anda dan olshop Instagram Anda, karena orang lain khususnya orang Indonesia itu suka men-search barang-barang, produk, jasa online shop di IG, lewat pencarian hashags.

 

Jika post-post olshop IG Anda tidak tampil di pencarian hashtags, wah, sangat sangat rugi sekali. Kecuali akun Instagram Anda bukan olshop, melainkan akun Instagram pribadi. Ringkasnya, dalam mode privat, Anda akan lebih sulit untuk menarik lebih banyak followers.

 

Jadi apabila Anda saat ini sedang membangun followers, akun olshop IG Anda jangan dulu di-privat! Kecuali jika nanti Anda sudah mempunyai puluhan ribu followers real aktif, privat baru merupakan langkah yang bagus. Kalau saat ini followers Anda masih rendah, jangan dulu di-privat.

 

 

KELEMAHAN AKUN IG PRIVAT (2): ENGAGEMENT ALIAS INTERAKSI INSTAGRAM ANDA AKAN LEBIH RENDAH

 

Para pengguna Instagram bisa meninggalkan komentar atau membubuhkan like di setiap foto Instagram kendati mereka bukan followers dari akun Instagram yang bersangkutan, baik dari mobile app maupun dari platform web.

 

Namun, jika akun Instagram Anda privat, maka kemungkinan tersebut tidak akan pernah bisa terjadi, orang lain tidak akan bisa engage/berinteraksi dengan konten-konten Instagram Anda untuk memberikan feedback berupa like maupun komentar.

 

Belum ditambah dengan akan capeknya Anda harus meng-approve akun-akun yang ingin menjadi followers Anda, membuat waktu Anda akan banyak terbuang hanya untuk menyortir orang-orang yang ingin menjadi followers akun Instagram Anda.

 

[]

 

Team PanduanIG.com

LINE @panduan.ig | INSTAGRAM @panduan.ig

Posted by adminpanduanig

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!